Materi : Merancang Iklan Online dan Membuat Iklan Online

A. RUANG LINGKUP IKLAN ONLINE

1. Definisi Iklan Online (Online Advertising)

Iklan Online (Online Advertising) adalam metode periklanan yang menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi bebrapa bagian atau teknik. Menurut para Professional Internet Advertising, iklan online meliputi beberapa teknik, seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari (search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads (periklanan dengan melibatkan media interaktif digital, seperti audio dan video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising), iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising), jaringan periklanan (advertising nerworks) dan e-mail marketing, bahkan e-mail spam.

2. Tujuan Iklan Online

Tujuan iklan online, antara lain meliputi:

a. Menginformasikan konsumen tentang merek merek baru

b. Membangun kesadaran (Awarness) merek\

c. Menciptakan permintaan konsumen

d. Mempersuasi (MEmbujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan

e. Membangun loyalitas konsumen

3. Keuntungan Iklan Online

Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan menggunakan iklan online, diantaranya:

  a. Segera Menerbitkan Informasi dan Konten

Iklan online (online advertising),telah membuat proses publikasi lebih mudah dan lebih cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan waktu. Untuk itu, iklan interaktif yang muncul menghadirkan tantangan-tantangan segar bagi pengiklan, yang hingga kini masih mengadopsi strategi interruptive (contoh iklan TV).

  b. Efisiensi Investasi Pengiklan

Iklan online (online advertising) memungkinkan untuk penyesuain iklan, termasuk konten dan diposting website. Sebagai contoh, AdWords dan AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan di halaman Web yang relevan atau berada di samping hasil pencarian dengan kata kunci yang telah dipilih dulu.

  c. Metode Pembayaran

Apapun variasi pembelian yang dipilih, pembayaran biasanya relatif dengan respon audiens, apa lagi dengan banyaknya payment processor online yang ada saat ini banyak tersedia, seperti paypalalertpay, atau neteler.

B. JENIS-JENIS IKLAN ONLINE

Berikut ini adalah bentuk-bentuk iklan online yang dapat memberi Anda gagasan baru untuk mengembangkan produk jualan.

1. Direct Advertising

Direct advertising merupakan jenis iklan online, di mana pemasangan iklan dam pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya. Media yang sering dijadikan iklan jenis direct advertising adalah blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua pemilik blog dapat memasang iklan, hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan traffic rank cukup tinggi. Artinya, blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.

Format iklan jenis direct advertising biasanya iklan teks dan iklan gambar/banner. Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemilik media (blog).

Kelebihan dari jenis iklan direct advertising ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target kosumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola, dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjung yang melihatnya.

Adapun kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan ditampilkan sesuai kontrak harga. Jika ukuran banner kecil dari iklan banner orang lainkemungkinan iklan banner kita tidak dilirik. Untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.

2. Self-Service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di online. Contoh: Blogads dan Goggle AdWords.

Biasanya, jenis iklan ini bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari, yaitu Google dan mempunyai program layanan iklan, yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar, maupun video. Secara umum, iklan jenis ini bisa dilihat ketika mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.

Dalam memasang iklan, kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai keinginan, baik isi kontennya maupun posisi tata letak, semua diatur oleh pemasangan iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tauang di televisi harus bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.

Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karrna untuk menggunakan fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibutuhkan kreatifitas pada konten maupun penempatanagar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karrna tidak menargetkan pada konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google karrna secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.

3. Ad Networks
Ad Networks merupakan sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: Value Click Media dan Tribal Fusion.

Kelebihan memasang iklan yang berasal dari jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulus artikel berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Jika traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan iklan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun tentu saja, Anda tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapat iklan Anda semakin tinggi.

Memasang iklan dari jaringan iklan tentu juga memilikikekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan Anda dalam memasang iklan Ada juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang mau tampilkan di blog atau website.

4. Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak melihat iklan tersebut. Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan per klik dari para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp500. Jika kita hanya mempunyai dana untuk iklan sebesar Rp100.000 saja, maka iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung.

Karena dipiih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

5. Twitter Advertising
Twitter Advertising merupakan iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magie dan Twittad.

Kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan atau diiklankan akan banyak dikunjungi konsumen yang akan bergabung, melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan akan banyak pengguna dan lebih banyka mendapatkan calon konsumen.

Adapu kekurangan iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena iklan yang muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam hitungan menit, tweets iklan kita akan bergeser ke bawah hingga tidak akan terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena twitter membatasi 140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang unik dan yang dianggap paling penting saja.

6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu didalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

Kelebihan iklan online ini adalah link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna. Adapun kekurangannya adalah sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan.

7. Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk dtampilkan dalam halaman web dengan mengevalusi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

Kelebihan dari iklan online ini adalah persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik, dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan. Adapun kekurangannya adalah perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.

8. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.

Kelebihan iklan ini dapat memudahkan perusahaan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran. Adapun kekurangannya adalah besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan perantara.

9. Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial, seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing, dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

Kelebihan iklan ini adalah promosi lebih banyak melalui bentuk iklan karena digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar. Apapun kekurangannya adalah harus mempunya website untuk memasang iklan atau blog lain agar memudahkan proses promosi.

10. Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.

Kelebihan dari iklan ini adalah iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karea isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan. Adapun kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguna internet lebih fokus melihat video.

11. RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manusal ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

Kelebihan iklan online ini adalah dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan. Adapun kekurangannya adalah tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.

12. Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan, dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

Kelebihan iklan online ini sasaran pasarnya lebih banyak dan lebih efektif, cara mengiklankan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu. Adapun kekurangannya adalah biaya cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.

C. STRATEGI MEMASARKAN IKLAN SECARA ONLINE

Cara melakukan pemasaran online sangat beragam. Para pelaku bisnis online harus mampu menggunakan cara-cara dan pendekatan yang tepat agar bisnisnya berhasil. Cara tepat untuk memasarkan produk online tentu berbeda-beda anatar produk yang satu dengan yang lain. Secara umum, untuk meraih sukses menjual produk pemasaran online yang berupa barang-barang, dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Memiliki Web atau Blog
Jika ingin memasarkan produk secara online, Anda mutlak harus memiliki blog atau web. Bisa saja pemasaran online dilakukan hanya melalui email, akan tetapi kemampuannya untuk menarik minat konsumen tentulah tidak sebesar jika Anda berjulan menggunakan blog atau web.

2. Pastikan Barang yang Anda Jual Banyak Dicari Melalui Internet
Pilihlah barang-barang jualan yang memang konsumen banyak mencarinya secara online. Anda pasti memiliki gambaran bahwa menjual sembako secara online adalah keputusan yang kurang tepat. Kemungkinan berhasilnya pun kecil karena barang-barang jenis ini mudah saja ditemukan di warung sebelah rumah tanpa harus melakukan transaksi secara online.

Pilihlah barang-barang yang unik untuk dijual sehingga pembeli akan membelinya dari Anda karena mereka sulit menemukannya di tempat lain.

3. Lakukan Promosi Secara Kontinu
Promosi akan meningkatkan brand awarness bagi konsumen sehingga ketika konsumen membutuhkan produk sejenis dengan yang Anda jual, Andalah penjual yang pertama akan dituju. Hal ini karena keberadaan Anda sebagai pelaku bisnis suatu jenis barang telah tertanam kuat di benak konsumen.

4. Lakukan Promosi Menggunakan Media yang Tepat
Ada banyak komunitas, forum, dan jaringan sosial yang di dalamnya berkumpul orang-orang yang biasanya memiliki kesamaan hobi atau minat. Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan barang yang dijual sekiranya karakter barang tersebut sesuai dengan minat orang-orang di suatu forum atau komunitas.

5. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen
Pembeli adalah Raja. Penjual harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jasa pelayanan atau servis yang memuaskan. Pembeli yang puas biasanya akan menyebarkan informasi positif tentang produk dan perusahaan Anda kepada orang-orang sekitarnya, dan kemungkinan besar mereka pun akan tertarik untuk menjadi konsumen Anda. Pembeli yang puas biasanya juga akan kembali melakukan pembelian di waktu mendatang.

Untuk memuaskan pembeli dapat dilakukan dengan cara-cara, antara lain komunikasi yang memberikan kenyamanan, prosedur pemesanan dan pembayaran yang mudah, ketepatan waktu pengiriman, serta kesesuaian barang yang dipesan dengan yang ada di katalog.

a. setia membayar bulanan kepada penyedia layanan;
b. terjadi perpindahan dana dari PayPal pembeli ke PayPal penjual;
c. setelah konfirmasi maka pembeli akan menerima barang atau jasa yang telah terbayar.

D. METODE PEMBAYARAN BISNIS ONLINE DI INTERNET

1. PayPal
Salah satu kendala memiiki PayPal adalah adanya proses verifikasi. Kita perlu menggunakan kartu kredit agar PayPal terverifikasi. Namun kabar baiknya adalah kita bisa memiliki akun PayPal yang terverifikasi tanpa harus memiliki kartu kredit.

Proses tarik tunai dari akun PayPal pun sangat mudah. Kita tinggal menambahkan rekening bank lokal ke akun PayPal. Kemudian, kita bisa memindahkan saldo dari PayPal ke rekening bank lokal.

2. Rekening Bank Lokal
Penggunaan rekening bank lokal sangat mudah. Metode ini sangat cocok bagi kita yang berkonsentrasi di pasar lokal Indonesia. Proses pembayaran dengan menggunakan rekening bank lokal;

a. Kita hanya perlu menginformasikan rekening bank kepada pembeli.
b. Pembeli melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati.
c. Kita mengirimkan barang atau jasa yang telah dibayar.

3. Kartu Kredit
Kartu kredit sangat populer untuk membeli barang atau jasa secara online. Salah satu kelemahannya adalah rawan terjadinya pembobolan karena kita membagikan informasi kartu kredit ke semua merchant yang dikunjungi.

4. AlertPay
Walaupun tidak sepopuler PayPal, AlertPay juga sering digunakan sebagai alat pembayaran secara online.

5. Liberty Reserve
Kelebihan menggunakan Liberty Reserve adalah praktis dan cepat. Setelah melakukan transaksi, Anda langsung mendapat produk yang dibeli tanpa adanya delay. Kantornya berpusat di Torre Fuentes del Obilisco 2 do Piso, Codigo Postal 1265 Escazu, Costa Rica, Central America yang pada tahun 2006 diakuisisi oleh Amed Mekovar, seorang ahli ekonomi yang telah berpengalaman 12 tahun di perbankan.

6. Cek
Pembayaran dengan cek umumnya dilakukan oleh jaringan affiliasi untuk membayar para anggotanya, misalnya Google AdSense, Adbrite, ClickBank. Cek dikirim langsung ke alamat anggota dan dicairkan di bank lokal. Salah satu kelemahan metode cek adalah proses pencairan yang lama (30 hari) dan biaya yang besar.

7. Western Union
Western Union merupakan jasa pengiriman uang ke berbagai penjuru dunia secara real time. Kelebihan Western Union, antara lain, aman, cepat, dan bisa langsung cair dalam hitungan detik.

Itulah beberapa metode pembayaran bisnis onlone di Internet. Silahkan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

E. MELACAK DAN MENGUKUR ROI (RETURN ON INVESTMENT)

Ada lima cara yang ampuh untuk mengukur ROI, yaitu:

1. Analisis
Untuk menarik banyak klien baru sekaligus mempertahankan klien lama, semua bisnis berbasis web harus meluncurkan taktik penggunaan kata kunci dan SEO secara efektif. Analisis web dapat menunjukkan metrik signifikan dan mengidentifikasi demografi kunci mengenai orang-orang yang tertarik pada produk atau jasa perusahaan Anda. Webmaster contohnya, dapat menunjukan landing page yang populer, melihat konten mana yang mendorong penjualan dan menggunakan informasi tersebut untuk terus mengulang kesuksesan.

2. Terlibat
Komentar di blog dan feedback dari pengguna adalah sumber informasi handal untuk menangani berbagai masalah dan memperkaya pengalaman. Lakukan survey pada pengguna yang memberi komentar dan feedback. Anda dapat menemukan darimana konsumen mengetahui tentang suatu produk atau jasa, dan ini berarti mengidentifikasi efektifitas sebuah kampanye marketing melalui medium tertentu. Jika Anda masih khawatir untuk komentar dan feedback yang terlampau kasar, Webmaster dapat menaruh filter untuk bahasa vulgar dan spam. Anda dapat dengan tenang mengumpulkan data konsumen yang berharga dan tetap melindungi image brand Anda.

3. Fans Sosial Media
Perhitungkan fans Anda di berbagai sosial media yang ada karena dapat meningkatkan secara drastis kampanye marketing gerilya atau guerilla marketing. Fans akan dengan senang hati menyebarkan promosi atau produk baru perusahaan Anda. Perangkat seperti Facebook Insights dapat membantu mengukur pengaruh di sosial media dan potensi Anda untuk go viral.

4. Penawaran dan Kupon

Cara termudah mengukur ROI sebuah kampanye adalah dengan melacak penawaran, kupon, nomor telepon, dan juga URL secara spesifik. Setiap kali konsumen menggunakan kode promosi, perusahaan dapat mengidentifikasi sebuah pembelian yang menggunakan promosi, link atau identitas eksklusif lainnya. Anda juga dapat mengetahui berapa banyak keuntungan yang datang dari promosi pada blog perusahaan. Strategi yang sama dapat digunakan pada daftar email, promosi sosial media dan strategi inbound marketing lainnya.

5. Ukuran Konversi
Uji ketepatan ukuran konversi yang Anda aplikasikan untuk memonitor sebuah kampanye, sehingga Anda memperoleh laporan mendalam mengenai perilaku konsumen. Beberapa sosial media menyediakan solusi yang sudah terintegrasi di dalam situsnya. Mengetahui bahwa konsumen mengikuti sebuah iklan atau blog post tertentu menunjukkan sebuah ROI yang sehat dari sebuah kampanye marketing. Seiring semakin banyaknya blog, sosial media, dan jaringan profesional yang mengaplikasikan ukuran konversi maka statistik ini akan menjadi lebih mudah diakses dan diterjemahkan.

F. MENDISTRIBUSIKAN IKLAN ONLINE

Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluaskannya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tertentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dpat Anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis, yaitu sebagai berikut:

1. Mencari penyedia iklan online gratis.
    Berikut ini merupakan beberapa situs penyedi iklan secara gratis:
  a. www.bandungspace.com
  b. www.bandung.olx.co.id
  c. www.berniaga.com
  d. www.tokobagus.com

2. Membuat konten yang berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan.
    Beberapa langkah yang dapat dilakukan untukmembuat konten berkualitas, diantaranya:
  a. Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori.
  b. Bergabung pada sebuah grup, seperti google group atau yahoo groups.
  c. Membuat akun sosial media.
  d. Menggunakan social bookmark.
  e. Buat channel.
  f. Bergabung atau berkomentar di forum-forum.
  g. Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan.

Adapun beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet, di antaranya:
  a. Ad Network
  b. Rep Ad-Agencies
  c. RSS Advert
  d. Sponsorship
  e. Jaringan dan bursa iklan
  f.  Bergabung dengan group buying

  g. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
  h. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan  
      kategori.


Untuk bisa merancang dan membuat Iklan Online silahkan kalian simak video pembelajaran beriktt ini.



Link Absensi : klik di sisni

Tugas :
1. TugasTeori Silahkan Kalian mengerjakan soal Pada Link berikut       ini : Uji Kompetensi
2. Tugas Praktek Silahkan kalian merancang dan membuat gambar 
     produk dengan menggunakan Androidmu seperti  
     yang di sampaikan dalam video pembelajaran, hasil di 
     crenshoot dan kirim di email sty.prayitno@gmail.com ( jangan 
     lupa di perihal / subject diberi namamu dan no.absen )  !

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi : Iklan PPC dengan Google Award